Visi & Misi

VISI – MISI  Kabupaten Sragen Tahun 2016– 2021

VISI :

“ Bangkit Bersama Mewujudkan Sukowati Yang Sejahtera dan Bermartabat “

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

Bangkit adalah sebuah tindakan yang berangkat dari keyakinan untuk bangun menggugah dan membangkitkan seluruh potensi agar aktif dan proaktif bergerak melakukan pembangunan. Bersama dimaksudkan pemerintah berkewajiban mewujudkan dan meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat Sragen di setiap bidang pembangunan yang menyangkut hidup dan kehidupan terutama yang menyangkut kepentingan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.

Sejahtera dimaksudkan adalah kesejahteraan lahir dan batin. Kesejahteraan yangdiharapkan adalah kesejahteraan yang berbasis pada ketahanan keluarga dan lingkungan sebagai dasar pengokohan sosial melalui peningkatan partisipasi dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat. Akan tetapi disamping mewujudkan kesejahteraan dalam konteks lahiriyah dan materi dengan upaya meningkatkan indeks kesejahteraan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dan layanan dasar kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi melalui pembentukan karakter mandiri yang didukung dengan nilai-nilai kearifan lokal dan jati diri masyarakat Sragen, sangat penting melengkapinya dengan pemenuhan kesejahteraan jiwa dan batiniah agar setiap manusia dapat memerankan diri secara optimal sebagai hamba dan wakil Tuhan di bumi (kholifah). Kesejahteraan yang hakiki adalah keseimbangan hidup yang merupakan buah dari kemampuan seseorang untuk memenuhi tuntutan dasar seluruh dimensi dirinya, meliputi rohani, akal, dan jasad. Keterpaduan antara sejahtera lahiriah dan batiniah adalah manifestasi dari sejahtera yang paripurna.

Bermartabat dimaksudkan bahwa program pembangunan yang diselenggarakan pemerintah bersama-sama seluruh elemen masyarakat harus mampu membentuk karakter masyarakat yang memiliki harkat dan kepercayaan diri yang tinggi untuk mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik, dan pada gilirannya nanti sragen diharapkan menjadi teladan kemajuan bagi daerah lainnya.

 MISI “Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntable, melalui peningkatan tata kelola pemerintahan yang efektif, aspiratif, partisipatif dan transparan. “

“Misi” ini dimaksudkan untuk membangun birokrasi yang kokoh, memiliki kapasitas dan kredibilitas serta dedikasi tinggi untuk mewujudkan pelayanan birokrasi pemerintah Kabupaten Sragen yang prima, menjalankan fungsi birokrasi sebagai pelayan masyarakat yang didukung dengan kompetensi aparatur pemerintahan yang profesional dan memanfaatkan sistem modern berbasis Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Aspiratif, partisipatif dan transparan memiliki arti bahwa untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih memiliki konsekuensi perlu pelibatan segenap elemen masyarakat, mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan dengan menyediakan ruang dan akses bagi masyarakat untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Pemerintah harus peka terhadap keinginan masyarakat, dan proses penyusunan kebijakan serta perencanaan pembangunan dilaksanakan secara demokratis dengan pelaksanaan yang terbuka dan transparan. Untuk itu, pemerintah berkewajiban mengembangkan sistem perencanaan pembangunan komperhensif, terpadu, efektif, yang didukung sistem pemerintahan yang inovatif dan kreatif.

Dalam rangka menegakkan kewibawaan pemerintah yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, serta menegakkan keadilan melalui pengembangan sistem hukum maka diperlukan koordinasi dan kerjasama intensif dengan pihak-pihak terkait terutama dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan

VISI -MISI  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PPPA)

Visi dan Misi  Dinas PPKB PPPA Kabupaten Sragen Tahun 2016 – 2021

VISI :

“Terwujudnya Sragen yang sejahtera, adil dan makmur yang berlandaskan  semangat juang yang tinggi dan kejujuran.”

MISI :

Terwujudnya keluarga berkualitas dan masyarakat sejahtera :

  1. Mengoptimalkan dan memantapkan sistem perencanaan dari bawah ( bottom up planing ) melalui program Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara terpadu.
  2. Menumbuhkembangkan ekonomi keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat, keswadayaan dan kemandirian masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan dan penerapan teknologi tepat guna.
  4. Memantapkan sistem informasi Keluarga, Pemberdayaan masyarakat dan desa dengan model profil desa/keluraha, sistem informasi kependudukan dan keluarga ( siduga )
  5. Meningkatkan dan memantapkan peranserta aparat Desa/Kelurahan, lembaga Desa/Kelurahan, ketahanan masyarakat, prakarsa dan swadaya gotong royong masyarakat yang partisipatif dalam mengembangkan potensi sarana dan prasarana Desa/Kelurahan.

TUJUAN STRATEGI :

  1. Mewujudkan Sragen ASRI bebas korupsi sebagai perwujudan reformasi birokrasi yang sungguh – sungguh menuju aparatur yang bersih berorientasi kepada pelayanan publik serta penggunaan Anggaran yang Pro rakyat.
  2. Mewujudka kualitas SDM yang profesional, berbudaya dan berakhlak mulia, berkeadilan serta berwawasan gender.
  3. Memberikan kesempatan dan peluang kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan serta menikmati hasil – hasil pembangunan.
  4. Memecah stagnasi pembangunan dengan mengakselerasi secara cerdas pencapaian kesejahteraan masyarakat dibidang daya beli, kualitas pendidikan dan kesehatan.
  5. Mewujudkan pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada pembangunan pertanian berkelanjutan.