Dalam Rangka Percepatan KLA, Dinas PPKB PPPA Adakan Pelatihan Konvensi Hak Anak bagi Anggota Gugus Tugas KLA

Dalam rangka percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Sragen melaksanakan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA)  bagi Anggota Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Sragen Tahun 2020.

Kegiatan dibuka Plt. Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Sragen dr. Joko Puryanto, M.Kes Selasa, 3 November 2020 di Ruang Sukowati Kantor Sekretariat Daerah   Kabupaten Sragen.  Dalam Laporannya Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan   dan Perlindungan Anak Dinas PPKBPPPA Kabupaten Sragen Siti Suharmi, SH, M.Si menjelaskan tujuan dilaksanakannya pelatihan  adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Konvensi Hak Anak, meningkatkan kapasitas dalam mengimplementasikan Kebijakan Pemenuhan Hak Anak ke dalam Program/Kegiatan yang strategis dalam upaya Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, sekaligus mengembangkan langkah implementatif dalam penerapan KHA di Lembaga Layanan bagi Anak melalui Program/Kegiatan yang berperspektif Hak Anak.

Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari mulai 3 hingga 4 November 2020  diikuti 40 Orang Peserta, meliputi 20 Orang perwakilan dari seluruh Kecamatan  di Kabupaten Sragen serta 20 Orang perwakilan dari SKPD, Badan, Dinas Kabupaten Sragen. Dengan Narasumber dari  Yayasan SETARA Semarang Yuli Sulistyanto.

Sementara Plt. Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Sragen dr. Joko Puryanto, M.Kes menjelaskan, Kabupaten Sragen telah menyusun strategi dalam mempercepat  Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sragen Nomor 09 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan  Kabupaten Layak Anak. Salah satu indikator penting dalam pengembangan KLA   adalah tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih dan mampu melakukan Pendampingan maupun menyelenggarakan Program/Kegiatan Pemenuhan Hak Anak kepada Masyarakat. Sehingga pemahaman yang menyeluruh  mengenai substansi dan implementasi KHA menjadi hal yang sangat diperlukan bagi SKPD di Kabupaten Sragen  sebagai Tenaga Pelaksana Program/Kegiatan terkait Pemenuhan Hak               dan Perlindungan Anak untuk membantu mengupayakan langkah-langkah  Pemenuhan Hak Anak yang lebih efektif dan tepat sasaran di Masyarakat.

Sumber : Sragen Dalam Berita, 3 Nopember 2020. #Rara Anggita#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *