DALAM RANGKA PERCEPATAN KLA, DINAS PPKB PPPA ADAKAN RAPAT PEMBENTUKAN APSAI

Dalam rangka percepatan Kabupaten Layak Anak bagi Kabupaten Sragen, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PPPA)  Kabupaten Sragen menggelar “Rapat pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesi (APSAI) Kab. Sragen”. Rapat secara langsung dibuka oleh  Assiten III Setda Kab. Sragen Ir. Simon Nugroho Yudananto,  Kamis 4 April  2019, di Aula Bappeda Litbang Kabupaten Sragen.

Dalam Sambutannya, Ir. Simon Nugroho, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sragen memandang pemahaman yang menyeluruh mengenai substansi dan implementasi Perusahaan Layak Anak Indonesia sangat perlu untuk diimplementasikan di Kabupaten Sragen, mengingat bahwa saat ini Sragen telah meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak dengan Predikat Pratama pada tahun 2018 dan tahun 2019 sebagai dukungan terhadap program Bupati Sragen sedang meningkatkan prestasi untuk meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak dengan Predikat Madya. Kami sangat berharap kepada seluruh Pengusaha di Kabupaten Sragen  untuk dapat memahami dan mewujudkan 10 Prinsip Perusahaan Layak  Anak.

Sesuai dengan artinya bahwa APSAI merupakan lembaga independen yang dapat menentukan kriteria kelayakan sebuah perusahaan terhadap pemenuhan hak-hak anak dan mengukur kelayakan sebuah perusahaan yang layak bagi anak. APSAI didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. APSAI juga didukung oleh organisasi-organisasi perlindungan anak, seperti UNICEF, Save The Children

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kepala Dinas PPKB PPPA, dr. Djoko Sugeng Pudjianto, M.Kes bahwa tujuan diselenggarakannya rapat pembentukan APSAI adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Pengusaha Kabupaten Sragen  bagaimana menjadi mitra Pemerintah bersama anggota masyarakat dan berbagai inisiatif berbasis komunitas lainnya, bersama-sama membentuk tiga pilar utama penggerak pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak, meningkatkan kapasitas Pengusaha Sragen dalam mengimplementasikan kebijakan pemenuhan hak anak ke dalam berbisnis yang strategis dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak serta meningkatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai substansi dan implementasi Perusahaan Layak Anak Indonesia untuk diimplementasikan di Kabupaten Sragen dan dalam waktu dekat diharapkan dapat segera membentuk Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Sragen.

Rapat dihadiri sekitar 40 Penguasaha Sragen  yang terdiri dari beberapa elemen diantaranya Perbankan, Rumah Sakit, serta beberapa penguasaha yang ada di Sragen yang ternyata banyak yang sudah mengimplementasikan perusahaan responsive terhadap pemenuhan hak anak. Dengan menghadirkan fasilitator Yuli Sulistyanto dari Yayasan Semarang. (#EW-Dinas PPKB PPPA).

http://kla.sragenkab.go.id/?cat=3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *