PELATIHAN KONVENSI HAK ANAK FORUM ANAK KAB. SRAGEN

Dinas P2KBP3A mengundang Forum Anak Kab. Sragen untuk mengikuti kegiatan  Pelatihan Konvensi Hak Anak Bagi Pengurus Forum Anak Kab. Sragen yang berlangsung selama dua hari bertempat di Aula Kelurahan Sragen Tengah Kec. Sragen pada tanggal 5-6 Maret 2019.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Sragen dr. Djoko Pudiyanto,M.Kes didampingi Kasi Perlindungan Anak A. Endang Widayati, ST. Dalam sambutannya, dr. Djoko Pudiyanto,M.Kes menyampaikan salah satu strategi untuk mempercepat implementasi pemenuhan hak dan perlindungan anak adalah melalui kebijakan pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Salah satu indikator penting dalam pengembangan KLA adalah tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dan mampu melakukan pendampingan maupun menyelenggarakan program/kegiatan pemenuhan hak anak kepada masyarakat, dengan menyelenggarakan Pelatihan Konvensi Hak Anak seperti saat ini.

Beliau berharap agar dengan pelatihan ini, para peserta dapat mengimplementasikan dan mengembangkan langkah-langkah implementatif dalam penerapan Konvensi Hak Anak di lembaga layanan bagi anak melalui program/kegiatan yang berperspektif hak anak.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kasi Perlindungan Anak,  A. Endang Widayati, ST, bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan  tentang Konvensi Hak Anak serta meningkatkan kapasitas peserta dalam mengimplementasikan kebijakan pemenuhan hak anak ke dalam program/kegiatan yang strategis dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Peserta berjumlah 30 orang pengurus Forum Anak Kab. Sragen yang terdiri dari 6 orang perwakilan siswa SMA, 14 orang perwakilan siswa SMP dan sisanya adalah anak-anak perwakilan dari beberapa Kelurahan dan Kecamatan. Dengan menghadirkan fasilitator Yuli Sulistyanto dari Yayasan Setara Semarang.(#EW-Dinas P2KB P3A).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *