Dinas PPKB PPPA Guyub Rukun Berpartisipasi Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk di Desa Sono Kec. Mondokan

Mondokan – Kepala Dinas PPKB PPPA Kab. Sragen dr. Djoko Sugeng Pudjianto, M.Kes didampingi Sekretaris Dinas dr. Joko Puryanto, M.Kes  mengajak seluruh pejabat struktural di lingkungannya untuk melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama di desa Sono Kecamatan Mondokan, tepatnya di RT 19 dan 20, Sabtu (26/01/2019).

Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung program pemberantasan sarang nyamuk yang sudah dicanangkan oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, sebagai upaya menurunkan korban penderita penyakit demam berdarah akibat nyamuk aedes aegypti. Daerah tersebut memang tercatat paling banyak menderita DBD.

Dalam arahannya kepada Ketua RT, para Kader Kesehatan Desa dan masyarakat, dr. Djoko Sugeng Pudjianto mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Selain rutin mempersihkan rumah dan pekarangan, yang harus dilakukan adalah dengan menguras penampungan air, menutup tempatnya, lalu mengubur barang bekas yang tidak terpakai yang berpotensi sebagai sarang jentik nyamuk. Dengan membawa peralatan seperti lampu senter dan abate, rombongan yang dipimpin langsung oleh dr. Djoko Sugeng ini memeriksa dan membersihkan jentik jentik nyamuk yang ditemukan di penampungan air warga. Masyarakat diharapkan secara rutin dan mandiri, dapat menekan jumlah nyamuk penular penyakit demam berdarah .

Sesuai keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sragen dr. Hargiyanto, M.Kes, menyampaikan bahwa di Kecamatan Mondokan ada 65 kasus. Secara keseluruhan sampai saat ini sudah ada 504 kasus laporan, dengan kategori Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (KDRS) 222 kasus. sedangkan kategori positif DBD terdapat 186 kasus. (DPPKB PPPA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *